Pendidikan

pariwisata kabupaten jember
space ads post kiri
Topik Terhangat

SMPN Kasembon 01 Juara Fashion di Pantai Balekambang

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 09:17
  • / 18 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 125 kali
SMPN Kasembon 01 Juara Fashion di Pantai Balekambang
Sriono Kepala SMPN Kasembon 01, Ilmi Syafa'atu Arrasid siswi SMP Negeri 1 Kasembon juara fashion bahan daur ulang dan Titik IGTKI Bantur

Usung Filosofi Limbah Membawa Berkah

 
Memontum Malang — Sekolah Menengah Pertama Negeri Kasembon 01 Kabupaten Malang meraih juara 1 dalam lomba fashion barang bekas di pantai Balekambang dalam acara Malang Beach Festival. Fitri Imroatur Rosyidah, pengasuh fashion bahan daur ulang SMPN Kasembon 01 mengatakan, bahwa tema dalam lomba tersebut adalah Samudera Bunga.

Pemilihan tema tersebut karena ingin memperkenalkan destinasi wisata pantai selatan yang menggunakan tema kebaya yang identik dengan kebaya, bunga dengan bahan daur ulang harus sesuai program sekolah Adiwiyata.

Bahan pakaian dalam lomba fashion mulai dari kertas, plastik dan bahan yang sesuai dengan 3R, Recycle, Reuse dan Repair. Persiapan sekitar sepuluh hari dalam menghadapi event lomba tersebut.

“Sehingga memicu kami berpikir cepat dalam memilih tema dalam satu jam. Karena acara cepat kita harus cepat,” ujarnya.

Pesan fashion yang ingin disampaikan, melalui tampah kecil adalah filosofi mengolah limbah menjadi berkah. Kru-nya terdiri dari 15 siswa dan 10 guru .

“Tidak semua limbah bermasalah. Terbukti limbah memberikan berkah kepada tim kita jadi juara,” ungkapnya.

Untuk bisa tampil dalam event Kabupaten Malang ini, dilakukan dengan menseleksi 15 siswa yang akhirnya terpilih Ilmi Syafa’atu Arrasid siswi kelas IX-A .

Harapannya, siswa-siswinya bisa membuang sampah pada tempatnya. Ini budaya yang sulit, karena masih banyak yang menyelipkan sampah di bangku sekolah. Serta agar lebih kreatif lagi dalam mengolah limbah menjadi berkah.

Ilmi Syafa’atu Arrasid mengaku, sangat bangga karena bisa membawa nama baik Kecamatan Kasembon dan mengharumkan sekolahnya di tingkat kabupaten Malang dalam event Malang beach festival .

“Yah semoga nanti ini bisa diteruskan adik kelasnya dan budaya bersih juga tercipta sehingga lingkungan sekolah nyaman dan aman dalam belajar,” pungkasnya. (met/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional