Pendidikan

pariwisata kabupaten jember
space ads post kiri
Topik Terhangat

Dongeng Sebagai Pendukung Pembinaan Karakter

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 10:59
  • / 5 Safar 1439
  • Dibaca : 132 kali
Dongeng Sebagai Pendukung Pembinaan Karakter
DONGENG : Salah satu kegiatan mendongeng di Kota Batu. (ist)

Memontum, Batu — Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Mistin mengatakan kegiatan mendongeng
sebagai salah satu upaya mendukung pembinaan karakter sejak usia dini. Karena dongeng merupakan salah sau sarana yang cocok untuk membentuk karakter.

“Ini upaya kami untuk membentuk karakter anak mulai dini. Kita punya banya sumber daya manusia yang bisa membantu untuk membentuk karakter anak,” jelas Mistin, Kamis (26/10/2017).

Ia jelaskan, pihak Pemerintah Kota Batu sendiri saat ini berusaha memfasilitasi dan mendukung. Salah satunya menyediakan tempat di Balai Kota Among Tani sebagai tempat berkumpul aktivis yang mempunyai kepedulian mendongeng.

Sementara itu, Ade Ana salah satu pendongeng di Kota Batu membenarkan pihaknya masih belum punya tempat untuk berkoordinasi secara masiv. Namun, hal itu bukan sebagai alasan untuk tidak berkegiatan mendongeng.

Bahkan usaha yang keras, beberapa obyek wisata di Kota Batu termasuk lembaga sekolah memberikan dukungan yang besar. “Seperti di Museum Angkut kita mendapat waktu khusus untuk berkegiatan,” katanya.

Ia lanjutkan, manfaat dongeng sangat banyak, utamanya membantu tumbuh kembang anak dan membentuk karakter bangsa. “Untuk membentuk karakter, lewat dongeng dengan tema cerita yang baik. Misalnya dongeng buang sampah. Lalu dongeng tokoh-tokoh nabi, cerita hewan,” jelas Ade.

Jika anak dikenalkan dengan dongeng selain berpengaruh terharap karakter anak sekaligus mampu mendekatkan orang tua dan mudah menerima nasehat dari orang tua. “Harapannya mendongeng ini menjadi bagian penting dalam pendidikan di sekolah,” pungkasnya. (jun)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional