Pendidikan

pariwisata kabupaten jember
space ads post kiri
Topik Terhangat

Ratusan Siswa STPP Malang, PKL di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau

  • Rabu, 7 Februari 2018 | 16:48
  • / 21 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 110 kali
Ratusan Siswa STPP Malang, PKL di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau
Sekretaris BPPSDMP dirjen Pertanian Ir.dr.Surahman Suwardi.Mp saat foto bersama dalam pembekalan praktek kerja lapangan mahasiswa STPP Malang

Memontum Malang — Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Malang akan mengirimkan ratusan mahasiswanya untuk Praktek Kerja Lapangan di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau untuk meningkatkan produksi pertanian Indonesia. Dr Ir. Surahman Suwardi MP, sekertaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP ) dirjen Pertanian, menjelaskan bahwa pertemuan dengan taruna 1, 2 dan 3 ini, dalam rangka pembekalan bagi mahasiswa STPP Malang yang akan melakukan Lingga Kepulauan Riau.

Mahasiswa penyuluh lapangan ini, ada sekitar seratus dari kelas 3 yang akan ditugaskan di Lingga untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah sana. Karena target produksi pertanian Indonesia Tahun 2018 Padi 80.08 juta ton, jagung 23.48 juta ton, kedelai 2.34 juta ton dan tebu 3.30 juta ton. Daging sapi 0.69 juta ton , cabai 2.23 juta ton, Bawang Merah 1.37 juta ton, bawang putih 78 juta ton .

”Mahasiswa yang praktek kerja lapangan ditaruh di pelosok negeri agar para mahasiswa merasakan saudara-saudara kita yang berada di perbatasan dengan negara lain,” ujar Surahman.

Mahasiswa yang PKL harus mengenal ciri ciri petani kreatif mulai memahami visi dan misi, kedua struktur organisasi kelompok tani, kreatif dan inovatif serta berkeinginan untuk maju dan ada anggotanya .

“Mental petani kita belum disiplin. Harus dibentuk kemandiriannya agar muncul untuk maju. Karena sektor pertanian penyumbang domestik bruto negara ini,” ujarnya.

Salah satu mahasiswa PKL asal NTB yang enggan disebutkan namanya bahwa pengiriman dirinya adalah penggemblengan menjadi kader pertanian yang handal dan kedepan sebagai pemegang talking estafet majunya sektor pertanian. (met/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional