Pendidikan

pariwisata kabupaten jember
space ads post kiri
Topik Terhangat

Melalui Musikalisasi Puisi, UMM Persiapkan Profesionalisme Calon Guru Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Senin, 22 Januari 2018 | 22:10
  • / 5 Jumadil Uula 1439
  • Dibaca : 77 kali
Melalui Musikalisasi Puisi, UMM Persiapkan Profesionalisme Calon Guru Bahasa dan Sastra Indonesia
Penampilan drama musikalisasi puisi oleh para mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMM. (ist)

Memontum Kota Malang — Upaya membentuk karakter pendidik yang berkualitas telah ditunjukkan oleh progam studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Salah satunya, kreatifitas mahasiswa dan dosennya dalam mengapreasiasi sastra melalui pementasan Musikalisasi Puisi.

Dosen pegampu mata kuliah Musikalisasi Puisi, Hari Sunaryo menyampaikan, melalui acara ini mahasiswa diajak agar dapat mengolah rasa dalam mengapresiasi puisi. “Kegiatan ini ditujukkan untuk melatih mahasiswa menikmati refleksi batin dengan menikmati puisi yang dipadupadankan dengan musik. Puisi yang biasanya dideklamasikan sekedar dibaca, melalui acara ini dikaryakan bersama musik,” ungkap Hari.

Kreatifitas Musikalisasi Puisi merupakan upaya untuk menciptakan guru Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki apresiasi tinggi pada karya sastra. “Ini mutlak, karena mereka calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia, sehingga ini taruhan profesionalitas ketika nanti mengawal murid- muridnya,” tegasnya.

Menurut Hari, berbagai tahap pembuatan musikalisasi puisi tidaklah mudah. Namun kerjasama dan keuletan dalam proses, memberikan pelajaran tersendiri bagi seluruh mahasiswa dan dosen yang terlibat, termasuk dirinya. “Totalitas ketika mengampu mata kuliah musikalisasi puisi tidak bisa dilupakan. Bersama semangat anak-anak, saya menjadi semakin percaya diri,” tukas Hari.

Tugas akhir dari mata kuliah Musikalisasi Puisi ini menampilkan 40 karya musikalisasi mahasiswa di Laboratorium Drama UMM, Senin hingga Jumat (15-19/1). (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional